Review Drama : Fated To Love You (Korea >< Taiwan)


Anyyeong chingu

Long time no visit this blog
Hehe

Iya nih lagi sibuk kerja skripsi pluss lagi sibuk nonton drama korea
Hahahahahahaah (mian)

Yaps dalam beberapa minggu ini aku udah nonton beberapa drama korea dan ada 2 drama yang aku tonton berjudul sama hanya berbeda versi yaitu ‘Fated to love you’.

Gak tau kenapa aku kok suka ya sama drama yang berjudul atau bercerita sama namun dengan berbagai macam versi, mungkin dg begitu aku bisa membandingkan drama2 tersebut, selain itu pada saat nonton karena sudah tau alur cerita nya, pada saat nonton versi lainnya, jika ada kejutan alur cerita atau perbedaan cerita itu akan terlihat lebih menarik (menurutku) hehehe

Γ¨ Back to the Fate

Drama Fated to love you ini aslinya dari taiwan dan ditayangkan pada tahun 2008, pada tahun itu drama ini termasuk drama populer yang mendapatkan rating cukup tinggi di negaranya
Dan setelah itu 6 tahun kemudian, korea mengadaptasinya juga yaitu pada tahun 2014 dengan judul yang sama.

Dalam versi taiwan pemeran utama nya yaitu Ethan Ruan dan Joe Chen (Qiao chen), sedangkan untuk versi koreanya di perankan oleh jang nara dan jang hyuk

Awal aku ngelihat ini drama, yaitu saat aku minta banyaaak drama korea ke asistan laboratorium di kampus ku (biasalah ya anak farmasi kan juga butuh hiburannn) sebut saja dia mbak mega (maaf ya mbak buka kartu hehehe), dari banyak drama itu jelas bingung mau nonton yang mana?

Dann gak tau kenapa penasaran aja sama yang berjudul fated to love you apalagi kalo diartiin kan ditakdirkan untuk mencintaimu, dari judul aja sudah terasa romance nya (jujur aja aku kan penggemar drama korea genre komedi-romance). Nah dari situ aku coba cari2 dulu sinopsis nya gimana (selalu kebiasaan sblm nonton drama harus baca sinopsis singkatnya dulu, biar bisa bayangin dikit gimana alur ceritanya hehe)

Setelah itu lanjut dah nonton, total ada 20 episode

Setelah nonton, menurutku drama ini emang salah satu drama romantis yang baguss dan keren, karena tokoh utamanya kalo udah cinta mereka gak bakal berpaling ke orang lain (tipikal tokoh favorite ku).

Setelah itu seperti biasa searching2 tentang pemeran utama drama yaitu jang nara dan jang hyuk
Dan ternyata mereka berdua sebelumnya pernah bertemu dan menjadi pasangan disuatu drama di tahun 2002, dan sekarang mereka reuni dan dipertemukan lagi dalam drama fated to love you ini.

Selain itu juga karena kesuksesan drama fated to love you selepas ini drama selesai, para penggemar masih ingin melihat penampilan jang couple, dan karena itu oleh produser film mereka di berikan peran pasangan lagi dalam film singkat (film festival korea) yang berjudul Old Goodbye.

Tapi menurutku film singkat tersebut kurang dapet romantisnya, mungkin karena terlalu singkat durasinya, alur ceritanya dan juga adegan romantis yang hanya sepotong-sepotong dan sedikit.
Setelah selesai nonton tuh drama, aku ngubek2 youtube tentang drama ini dan ketemu juga drama yang judulnya fated to love you tapi pada saat aku lihat kok pemerannya bukan jang nara, terus cari2 tau dan ternyata fated to love you yang aku lihat di youtube adalah versi taiwan (itu aku baru tau kalo ternyata ada versi taiwannya).

Dari situ aku penasaran dan cari tau all about fated to love you dan ketemu dah semua fakta tentang drama ini, tapi aku coba cari tau perbedaan antara 2 ini drama, tapi belum ketemu blog yang membahas itu. Akhirnya aku putuskan untuk menonton versi taiwannya.

Awalnya agak kurang tertarik juga karena ada 30 episode, tapi teteplah penasaran, apalagi lihat versi korea nya kan lumayan keren. Alur ceritanya juga umum gak umum J dimana si cewek hamil karena mereka gak sengaja tidur bareng dalam kamar gelap, dan sama2 mengira kalau yang mereka tiduri itu pasangan masing2. Pas mereka bangun baru sadar, kalo mereka gak mengenal satu sama lain (nah kalau yang ini antara korea dan taiwan beda cerita).

Setelah nonton 2 drama beda versi ini aku bisa menentukan mana yang lebih bagus, dan menurutku versi koreanya lebih bagus dan menarik. Ini beda dengan drama berbagai versi yang aku tonton sebelumnya it started with a kiss (lihat postingan ku sblmnya), dimana kalo drama itu versi taiwannya lebih bagus daripada yg versi korea. Dimana sudah jelas, versi taiwan punya episode yang lebih panjang dibandingkan versi korea.

Tapi meskipun aku bilang versi korea lebih bagus, versi taiwannya juga gak jelek kok, mereka punya kelebihan masing2.

Selain itu mereka emang udah kebukti jadi drama yang sukses merajai drama di slot time yang sama dinegara mereka.



Selain itu juga meskipun inti cerita mereka sama dalam perjalanannya ada jalan cerita yang berbeda, dan bahkan di awal pertemuan mereka juga berbeda, kalo menurutku versi korea disini sepertinya memperbaiki jalur cerita di versi taiwan yang kurang srek bagi penonton, selain itu juga alur cerita nya dipersingkat dimana taiwan ada 30 episode, dan korea hanya 20 episode. 

Selanjutnya aku mau bahas perbedaan yang ada dalam drama versi taiwan dan korea nya ya J

~ Pemain versi taiwan :

Cen Qiao En (Joe Chen) as Chen Xin Yi
Ethan Ruan as Ji Cun Xi

~ Pemain versi Korea :

Jang Nara as Kim Mi Young
Jang Hyuk as Lee Gun
Choi Jin Hyuk as Daniel
Wang Ji Won as Nam Se Ra
Choi Woo Sik as Lee Yong

  1. Awal pertemuan
Awal cerita dari drama ini pada setiap versinya berbeda, dimana di versi taiwan mereka berdua pertama kali ketemu saat mau masuk ke dalam kapal untuk berlibur dg pasangan masing2, dimana Xin Yi hampir terjatuh karena tersandung dan tidak sengaja ternyata di sebelahnya ada Cun Xi jadi dia jatuh di pelukannya Cun Xi, namun hanya sampai disitu sehingga anggapannya mereka bertemu hanya sebatas angin lalu.

Sedangkan yang versi korea pertemuan pertama mereka lebih heroik, hahahha kenapa aku bilang heroik? Karena lebih panjang, penuh perjuangan dan lebih mendalam, bahkan dapat digambarkan bahwa sebenarnya mereka itu dari awal sudah ditakdirkan untuk bersama.

 Pertemuan pertama mereka terjadi di mall, dimana Min Young sedang belanja (seperti biasa dia disuruh membelikan semua pesanan teman2 di kantornya), sedangkan Gun sedang membeli cincin untuk melamar pacarnya, dan tak sengaja mereka bertemu dg cara yang gak biasa, mereka sama2 jatuh karena terpereset permen yg berjatuhan di bawah kaki mereka. Terus karena min young lagi bawa belanjaan jelas aja jatuh semua ke lantai sedangkan gun yg membawa cincin, saat dia jatuh cincin itu juga jatuh dan menggelinding menjauh, yang tentu aja membuat gun kebingungan untuk ngejar tuh cincin, sedangkan si min young yang gak enakkan dan merasa bertanggung jawab karena dia yg nyebabin gun jatuh pun membantu untuk mendapatkan cincin itu, jadilah mereka kejar2ran sama cincin yang gelinding terus gak berhenti2 itu.

 Nah disitu lah heroiknya pertemuan mereka gak biasa dan lumayan lucu sih, perjuangannya min young untuk dapetan tuh cincin ngelihatin banget kalo dia tuh orang yang kuat dan gak mudah nyerah. Dan pada akhirnya juga yang berhasil dapetin tuh cincin min young karena gun sudah gak kuat lari jadi dia tertinggal di belakang min young. Nah saat min young nemuin tuh cincin dia gak sengaja pakai tuh cincin di jarinya (dia pikir daripada hilang lagi mending dia pakai). Jelas aja si gun marah karena tuh cincin dia pesan buat pacarnya kok yang pertama pakai malah wanita yang gak dikenalnya.

Jadilah pertemuan pertama mereka penuh dengan kejadian aneh bin ajaib hahaha

Nah menurutku dari awal cerita lebih menarik versi korea, karena ya itu lebih dapet chemistry awal dari pemeran utamanya, sedangkan yg versi taiwan terlalu singkat pertemuannya jadi kurang dapet feelnya.

2. Para Pemain 

Untuk cast pemain awalnya aku kurang suka dengan pemeran utama cowok nya di versi korea,karena aku nganggepnya jang hyuk agak sedikit terlalu tua untuk memeran kan pemuda kaya ganteng pewaris keluarga kaya Lee, terus juga gaya rambutnya yang agak aneh menurutku kurang sesuai dan kurang cocok untuk menggambarkan cowok muda ganteng, dan hal lain yang aku kurang suka ada ciri khas tawa yang menurutku juga agak aneh, gak nambah nilai plus buat tokoh Gun tapi malah bikin apa ya... aneh aja gitu (hehehe mian), dan yaa karena nonton secara terus menerus lama2 ya terbiasa juga sama model rambut dan ketawanya gun itu (walaupun kadang pernah ilfeel kalo denger ketawanya hehehe)


Tapi untungnya untuk versi korea pada episode2 akhir model rambut dari Lee Gun berubah seiring berlalunya tahun (beberapa tahun kemudian dalam drama), rambutnya dibuat rapi dan kelihatan lebih muda, bersih dan ganteng menurutku, dari situ wes suka sama peran Gun di drama ini.

Sedangkan untuk versi taiwan (ini salah satu kelebihan versi taiwan) pemeran utama yang dimainkan oleh Ethan Ruan menurutku pas dan sesuai karena Ethan bisa gambarin cowok ganteng, muda dan kaya raya (jelas aja wajahnya ethan imut gitu), juga gak ada ciri khas apapun yang aneh dari sosok Cun Xi yang diperankan Ethan, kecuali wajah polos dan kadang agak oon nya yang keluar (itu nilai plusnya juga dan bikin ngakak kalo lihat sifatnya Cun Xi yang agak pilon hahahha).



Sedangkan untuk pemeran utama cewek dari kedua versi sudah terbaik menurutku karena si cewek berdua (Jang Nara dan Qiao En) Cocok untuk memerankan cewek sederhana yang hatinya baik, dan kadang terlalu polos untuk selalu mau membantu orang lain, meskipun mereka hanya di manfaatkan oleh orang2 disekitarnya, tapi selain sifat baiknya itu cewek ini adalah orang yang tegar, setia dan cintanya dalam banget ke suaminya.



3. Minyoung punya teman

Nah ini juga salah satu kelebihan versi korea, dimana di tempat kerjanya Min Young masih punya 1 rekan kerja yang peduli sama dia, dan minta Min young supaya gak terlalu baik sama orang, karena mereka tuh Cuma memanfaatkan kebaikannya min young, dia gak tega kalo lihat Min young di suruh2 kayak pembantu gitu.
Akhir untuk teman Min Young ini pun juga gak bablas, maksudnya jelas. Dia akhirnya jadi sama adek tiri Gun (si Lee Yong), dan ikut berperan juga untuk kebahagiaan Min Young dan Lee Gun.
                Jadinya kan masih lumayan gitu punya teman, karena kalo versi taiwan Cin Yi sama sekali gak punya teman, jadi dia di kantor ya Cuma sendiri dan jadi pesuruh semua teman2 kantornya itu. Jadi lebih kasihan kan....


4. Adek Tiri

Nah untuk ini dari ke dua versi punya cerita yang beda

Dimana pemeran utama cowoknya disini diceritakan punya adek tiri, karena ayah mereka menikah lagi dengan wanita lain, yang akhirnya ibu dan adek tirinya yg awalnya tinggal jauh masuk lagi ke dalam keluarga mereka, tapi positifnya yg aku suka dari drama ini ibu dan adek tirinya disini bukan sebagai antagonis (ya meskipun ada beberapa sikap mereka yang kadang jengkelin tapi hanya sebatas itu bukan sampe tindakan yg nggak2).


Perbedaannya untuk versi taiwan peran adek tirinya disini kurang dimaksimalkan, malah ada di episode awal adek tirinya ini sempat berkomplot sama lawan bisnis dari Cun Xi, jadi sedikit menunjukkan adek tirinya nih jahat diawal2 (meskipun itu gak seberapa pengaruh dalam alur cerita). Juga dalam perjalanannya adek tirinya nih sering ngilang dari jalan cerita bahkan bisa dibilang gak dianggap padahal tujuan ibu dan adek tirinya itu kembali ke rumah keluarga Ji adalah untuk mendapatkan hak mereka dan supaya mereka bisa bertahan hidup, yang masih lumayan sering dilihatkan (meskipun hanya sekilas) ibu tirinya dimana dia patuh banget sama nenek ji karena ibunya itu gak mau sampe bikin marah nenek dan diusir dari rumah keluarga Ji (untungnya sisi ini yg lumayan bikin lucu karena neneknya selalu menyuruh ibu tiri itu untuk mengurus rumah tangga padahal ada pembantu hahahha).

Sedangkan untuk versi korea disini aku lebih suka, karena peran adek tirinya yg bernama lee yong lebih kelihatan dan bahkan ikut berperan dalam alur cerita, selain itu karena yang memerankan Choi woo sik dengan wajah imut2 nya itu membuat cerita jadi lebih lucu, karena itu buat aku ngerasa kalo adek tirinya ini polos dan kadang agak bego karena wajah childisnya itu hehehe.

Versi korea disini memperlihatkan sifat adek tiri Gun nggak jahat, dia Cuma pingin ambil hati dari nenek dan juga Gun supaya dia bisa di akui di keluarga Lee dan juga supaya bisa kerja di perusahaan keluarga Lee untuk menghidupi ibu dan dirinya sendiri.

Dan dilihatin banget kerja keras dari adek tiri gun ini, dimana dia bekerja sangat memuaskan yg membuat gun percaya pada nya dan memberikan kewenangan yg agak lebih besar pada Lee Yong, selain itu juga yang bikin aku sedikit terenyuh adalah waktu Lee Yong pingin Gun ini mengakui kalo dia tuh adek nya Gun, pas Gun bilang aku ini Hyung mu Yong kayak seneng banget gitu (padahal kalo dipikir kan itu hal kecil), jadi disitu ditunjukkan sifatnya Yong emang baek dan gak berniat jahat atau apa2 ke keluarga Lee.

Yong disini berperan juga untuk membantu menyatukan Min Young dan Gun supaya mereka bersama lagi. Jadi hubungan kekeluargaan antara yong dan gun lebih kelihatan.

Sedangkan untuk versi taiwan tidak terlalu menampilkan kekeluargaan antara Cun Xi dan adik tirinya ini dimana dia gak bisa nunjukkin kerja kerasnya ke kakak tirinya itu supaya dia diberi tanggung jawab yang besar, dan ya walaupun tidak menunjukkan kalo dia jahat, tapi digambarinnya itu seolah2 dia gak ada hubungan dengan Cun Xi.

Dan untuk ending dari adek tiri ini, versi korea lebih pass karena apa, selain dia sudah sukses karena bisa mendapatkan posisi yg lebih meyakinkan di perusahaan keluarga Lee (berkat kerja kerasnya) dia berpasangan dengan teman Min Young jadi akhir bahagia benar2 dapet berkat usaha Yong itu.

Sedangkan versi taiwan adek tiri Cun Xi nih malah menghamili cewek malam, yang dimana si cewek minta pertanggung jawaban, tapi si adek tiri ini gak mau karena dia merasa masih gak mampu untuk bertanggung jawab karena gak punya pekerjaan yg tetap dan gak punya uang. Tapi akhirnya sama Cun Xi karena alasan apa juga kurang jelas (mungkin Cuma krn kasihan) tiba2 aja langsung ngasih tanggung jawab ke adek tirinya itu untuk megang cabang perusahaannya yg ada diluar negri, jadinya tuh adek tiri sama cewek yg dihamilinya pergi ke sana untuk nikah dan entahlah hanya sampai situ cerita si adek tiri Cun Xi (jadinya kurang apa ya, hampa gitu lah gak jelas).

5. Cinta

Untuk urusan satu ini aku lebih suka versi Korea, kenapa? Alasan ku Cuma 1 karena pemeran cowoknya lebih setia dan kalo dia udah cinta sama 1 cewek dia gak akan berubah halauan meskipun banyak halangan rintangan, dia gak sampe jadi sama cewek lain.

Dimana Gun disini tetep setia sama min young meskipun mereka berpisah, yang beda dari versi taiwan adalah Cun Xi setelah pisah sama Xin Yi malah balikan lagi sama mantan ceweknya itu, yaa sebenernya sih gak bisa dibilang balikan, tapi si Cun Xi ini tetep deket sama mantannya jadinya kan yaa kayak kurang setia gitu. Meskipun pada akhirnya setelah menemukan Xin Yi lagi, dia mulai ngejar Xin Yi dan gak mau ngelepasin sampe dibela2in pura2 buta (sumpah, ep pura2 buta itu lucu! Agak2 oon gimana... gitu hahaha)


6. Ending

Untuk ending aku lebih suka versi korea, kenapa? Karena lebih masuk akal hahahha
Bukannya gimana sih, habis yang versi taiwan lucu endingnya, yahhh walaupun intinya sama2 romantis dan mereka hidup bahagia selamanya sebagai suami istri dan punya anak, tapi caranya beda sumpah bedaaa (pingin ngakak kalo inget yang versi taiwan).

Dimana versi koreanya lebih ehm! Nyata dan realita, dimana mereka bener2 menikah dan mengulang lagi awal pertemuan mereka dengan berbulan madu, dan ingin bener2 mendapatkan malam pertama yang sesungguhnya untuk mereka, tapi itu semua digagalkan sama ide nya nenek dan 2 orang itu adeknya Gun dan asisten pribadinya itu hahahaha
Malam yang harusnya jadi malam pertama indah jadi gagal mereka rasakan karena 22 nya sama2 mabuk, karena ulah 2 orang itu, yah jadinya mereka gagal, dan tidak bisa merasakan malam pertama, tapi gun nggak menyerah dan di malam selanjutnya akhirnya mereka benar2 mendapatkan malam pertama mereka dengan cinta dan kondisi sadar (tidak dlm keadaan mabuk hahaha).

Selain itu min young akhirnya hamil lagi dan malah langsung hamil anak kembar 2, dan saat ending mereka pergi piknik dengan 2 anak kembar mereka, lalu saling bercanda dan benar2 menunjukkan keluarga yang bahagia dan ditutup dengan adegan merea menggendong 2 anak mereka.


Sedangkan untuk versi taiwan, sama2 happy ending yang pasti hanya saja sedikit lucu, dimana setelah Cun Xi dan Xin Yi menikah, di scene akhir akhirnya Xin Yi hamil, lalu mereka melakukan piknik keluarga hanya saja disini mereka piknik dengan kakak dan suami dari kakaknya Xin Yi dan ternyata semuanya hamil, Xin Yi dan 2 kakaknya itu.

Setelah itu tiba2 saja 3 orang perempuan hamil ini melahirkan bersamaan, dan karena posisinya di pulau tersebut tidak ada ambulance, terpaksan Cun Xi yang membantu proses kelahiran 3 perempuan ini (karena pengalaman sblmnya dia juga pernah bantu kakaknya Xin Yi yang pertama melahirkan, kalo gak jelas silakan tonton sendiri ya hehehe) dibantu asisten pribadinya itu yang ternyata jadi suami dari kakaknya Xin Yi yang kedua.

Akhirnya mereka bertiga tiba2 aja sudah melahirkan semua dengan selamat (nah ini dah lucunya agak gak masuk akal kan hahahha tapi yasudah lah yang penting ujung2nya happy ending) dan yang bikin keren mereka akhirnya memberi nama anak mereka yang diberi marga dari keluarga Cun Xi dan benar2 menunjukkan kalo mereka saling mencintai end then ditutup dengan kata2 Thank you my Fated Wife dan dibales Xin Yi dengan Thank you my Fated Husband (owwww So Sweet!).

Begitulah review saya tentang drama Fated to love you dan secara keseluruhan drama ini T.O.P banget. Daannn sangat recommended untuk pecinta K-drama.

Gamsahamnida

Bye

Annyeong! ^-^










Comments

  1. Yg cina lbh bgs lagi, lebih mirip korea tp ada bedanya. bkn adik tiri tapi adik sepupu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat nonton yg versi taiwan ada situs yg rekom ga?

      Delete
  2. Setiap versi punya keunikan masing2 sih kalo menurut aku wkwkw. Intinya semua versi mengandung bawang😭
    Yang versi thailand juga lucu plus sedih bgt diakhir2 episode, akting para pemainnya juga bagus2 bgt. Next mau nonton yg versi cina nya wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Review nya bagus, hehe iya sih beda kalo Taiwan lebih ke romcom beda sama Korea pure romantis. Tapi rata2 drama Taiwan EMG kadang ga masuk akal sihπŸ˜‚πŸ˜‚.
    Tapi aku suka keduanya

    ReplyDelete

Post a Comment